PELANTIKAN PPK DAN PPS PEMILU 2019, TUGAS SEMAKIN BERAT

KPU Kota Tegal telah menyelenggarakan Pelantikan Badan Penyelenggara yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Tegal pada Kamis, 8 maret 2018.

Acara yang dilaksanakan di Convention Hall Hotel Bahari Inn Tegal tersebut dihadiri oleh Camat, Kepala Kesbangpol, Desk Pilkada, Panwas Kota Tegal, serta perwakilan dari 15 Partai Politik peserta Pemilu tahun 2019.

Anggota PPK yang sudah bekerja selama ini adalah untuk kegiatan Pilkada Serentak (Pilwalkot dan Pilgub) 2018. Mereka berjumlah 5 orang di setiap kecamatan. Namun sesuai UU Pemilu No 7 Tahun 2017, jumlah anggota PPK untuk Pemilu 2019 adalah sebanyak 3 orang.

Cara penentuan tiga orang tersebut adalah dengan melakukan evaluasi atas kinerja anggota PPK selama ini kemudian diambil 3 urutan teratas. Sedangkan anggota PPS masih sama yaitu sejumlah 3 orang.

Anggota PPK dan PPS terpilih dilantik langsung oleh Ketua KPU Kota Tegal, Agus Wijonarko. Dalam sambutannya setelah melantik PPK dan PPS, Agus menghimbau kepada PPK dan PPS untuk bekerja lebih keras lagi karena Kota Tegal akan menghadapi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tegal, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Serta Pemilihan Legislatif. Dia juga menambahkan agar anggota PPK dan PPS tidak tergiur pada money politik yang kemungkinan saja bisa terjadi.

Acara berjalan dengan khidmat dan lancar serta ditutup dengan foto bersama bagi PPK dan PPS terpilih bersama Komisioner KPU Kota Tegal. Setelah itu pembacaan Ikrar Deklarasi Anti Hoax dan Ujaran Kebencian oleh perwakilan peserta pelantikan. (ftr)

widiya

Subbag Teknis Pemilu dan Hupmas