Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara pada Pilkada Serentak 2018

KPU Kota Tegal telah menyelenggarakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP) serta Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilgub Jawa Tengah dan Pilwalkot Tegal  Tahun 2018. Kamis, 15 Maret 2018 pukul 08.30 WIB bertempat di Aula KPU Kota Tegal. Acara tersebut dihadiri oleh PPK Se-Kota Tegal, tim sukses dari Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur,  tim sukses dari masing-masing Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal, serta Panwas Kota Tegal.

Rapat Pleno terbuka dinuka oleh Agus Wijonarko selaku ketua KPU Kota Tegal. Dia menyampaikan dalam rapat ini akan ditetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Daftar tersebut merupakan data yang telah direkap dan di plenokan dalam tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan terakhir tingkat Kota.

Arisandi Kurniawan selaku komisioner KPU Kota Tegal divisi mutarlih memaparkan beberapa data, diantaranya ialah Jumlah pemilih yang ada di Kota Tegal 210.840, dengan rincian pemilih baru berjumlah 15.991, pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) berjumlah 29.923. Pemilih baru bukan hanya yang baru berusia 17 tahun, namun bisa dari pendatang baru dari Luar Kota Tegal. Dengan demikian Pemilih hasil pemutakhiran berjumlah 196.908 Penduduk.

Setelah dipaparkan dan disetujui oleh peserta Rapat Pleno terbuka terkait pemilih Hasil pemutakhiran tingkat Kota Tegal, dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran Tingkat Kota Tegal. Kemudian diserahkan kepada Tim sukses dari masing- masing Pasangan calon dan Panwas Kota Tegal. (ftr)

widiya

Subbag Teknis Pemilu dan Hupmas