SOSIALISASI PENDAFTARAN CALON PERSEORANGAN DPD PEMILU 2019

Menjelang Pemilu 2019, KPU Kota Tegal telah menyelenggarakan Sosialisasi Pendaftaran dan Verifikasi Calon Perseorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pemilu 2019. Pada hari Rabu 18 April 2018 bertempat di Lantai 2  Hotel Bahari Inn.

Narasumber kegiatan tersebut langsung disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Drs. Joko Purnomo. Serta dihadiri oleh perwakilan dari komunitas dan organisasi se Kota Tegal. Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, masyarakat tidak awam lagi mengenai pendaftaran calon perseorangan DPD.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijonarko “berharap ada interaksi antara Peserta dan narasumber terkait dengan Dewan Perwakilan Daerah”.

Moderator acara tersebut komisioner KPU Kota Tegal Elvi Yuniarni, menyampaikan bahwa dasar dari acara tersebut adalah UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Yang selanjutnya pemaparan materi oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Drs. Joko Purnomo.

Beliau memberikan materi mengenai sejarah Pemilu di Indonesia, sistem Presidensial. Dimana sistem presidensial adalah pilihan politik bangsa Indonesia yang sudah sulit berubah. Karakteristik sistem ini yaitu keterpisahan antara eksekutif dan legislatif baik presiden maupun anggota legislatif sama-sama dipilih langsung oleh rakyat.

Peserta sosialisasi sangat antusias menyimak pemaparan materi yang disampaikan. Terbukti moderator sampai membuka 5 kali segmen pertanyaan. Bagaimana mendapatkan dukungan, bagaimana cara mendaftar, dan lain sebagainya.

Ditutup dengan pengumuman dari moderator bahwa pendaftaran calon perseorangan DPD dimulai tanggal 22-26 April 2018. Formulir dapat di download di http://jateng.kpu.go.id menu pemilu 2019. Jumlah minimal dukungan sebanyak 5.000 (lima ribu) dukungan sekurang-kurangnya tersebar di 18 (delapan belas) Kabupaten/Kota di Jawa Tengah atau 50% (lima Puluh persen) dari 35 Kabupaten/Kota.

widiya

Subbag Teknis Pemilu dan Hupmas