BIMTEK PEMUNGUTAN DAN PENGHITUNGAN SUARA BAGI PPK DALAM PILKADA SERENTAK

KPU Kota Tegal telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) Bagi PPK pada Rabu 16 Mei 2018, bertempat di Hotel PrimeBiz Tegal. Bimtek Tahap 2 ini dilaksanakan untuk memperdalam tatacara serta perhitungan surat suara yang benar.

Menurut Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijonarko pada sambutannya, dalam tungsura ada yang perlu dicermati mengenai pengisian formulir.  Di tingkat KPPS juga perlu diperhatikan dan diwaspadai, karena mengingat calon walikota kita ada 5 Pasang. Di khawatirkan petugas KPPS ada yang menjadi Tim Sukses.

Pemateri Pada Bimtek Tungsura Tahap 2 ini adalah Dra. Siti Mudrikah Komisioner KPU Kota Tegal Divisi Teknis. Materi yang diberikan ialah mengenai Logistik surat Suara, Pengisian Form C, dan simulasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITUNG).

PPK Se-Kota Tegal yang menjadi peserta Bimtek diharapkan mengetahui betul bagaimana pengisian formulir dan mengetahui jenis-jenis form yang dikeluarka, serta menerapkan ilmu yang diberikan oleh Pemateri. Karena PPK merupakan ujung tombak keberhasilan dari PPS hingga tingkat bawah KPPS. Bahwa jumlah suara yang diberikan oleh KPPS harus sesuai dengan penghitungan di Tingkat PPK, sehingga nantinya diharapkan tidak ada gugatan oleh pasangan calon.(ftr)

widiya

Subbag Teknis Pemilu dan Hupmas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *