Pilkada Serentak 2020 Petugas KPPS harus menggunakan HP Android

KPU RI telah menyelenggarakan kegiatan Konsolidasi Nasional pada  tanggal 21 – 24 September 2019 di Jakarta. Peserta kegiatan tersebut berjumlah 3.306 orang yang terdiri dari Komisoner dan Sekretaris KPU Provinsi dan KPU kab/Kota se Indonesia.

Kegiatan Konsolidasi Nasional  antara lain membahas isu Stategis, Penyusunan Daftar Inventarisasi Masalah dan rekomendasi untuk Pemilu Serentak 2019 dan Pemilu Serentak 2020 bagi KPU Provinsi ,KPU Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pemilu Kepala Daerah di Tahun 2020.

Pemilu Serentak 2020 adalah Pemilihan Kepala Daerah ( Gubernur dan walikota ) sejumlah 270 daerah yang meliputi 9 provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota. Untuk Provinsi Jawa Tengah Kabupaten/Kota yang melaksanakan pilkada 2020 ada 21 kabupaten/ Kota yang pelaksanaanya tanggal 23 September 2020.

Isu strategis Konsolidasi Nasional salah satunya adalah bahwa pada pelaksanaan Pemilu 2020 adalah Rekapitulasi Penghitungan perolehan suara dengan menggunakan e- rekap.

Untuk e-rekap, Petugas KPPS, Pengawas TPS, Saksi memfoto Plano C1 dan memasukan ke aplikasi e – rekap dan Rekapitulasi  selanjutnya adalah Rekapitulasi di tingkat Kabupaten/Kota dengan melihat aplikasi e-rekap untuk itu Petugas KPPS harus memiliki HP android dan  sudah familier dengan gadget  yang bisa mendukung kegiatan e-rekap.

Dengan pelaksanaan e- rekap KPU berharap pelaksanaan Pemilihan berjalan lebih baik dari pemilu sebelumnya di mana rekapitulasi yang memerlukan waktu yang panjang.

widiya

Subbag Teknis Pemilu dan Hupmas