RAPAT PLENO DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN BULAN DESEMBER 2020

Hari ini (12/1) KPU Kota Tegal menyelenggarakan kegiatan rutin  Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan tahun 2020 secara offline bertempat di aula KPU Kota Tegal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dengan mengundang Kapolres Tegal Kota, Dandim 0712 Tegal, Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Kepala Kesbangpol Kota Tegal, Kabag Tapem, Ketua Parpol dan Bawaslu Kota Tegal. Acara ini di buka oleh Ketua KPU Kota Tegal, Ibu Elvi Yuniarni SH.

Pemutakhiran data dilakukan berkelanjutan dengan tujuan untuk memperbaharui data pemilih sehingga mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan data pemilih pada pemilu/ pemilihan selanjutnya. Pemutakhiran data dilakukan untuk mengupdate data pemilih sehingga memenuhi aspek komprehensif, akurat dan mutakhir. Kegiatan ini dilakukan dengan memperhatikan jumlah penduduk yang pindah datang, pindah keluar, pemilih pemula, pemilih meninggal , dan perubahan elemen data pemilih. Acara dipandu oleh Komisioner KPU Kota Tegal Divisi Perencanaan Data dan Informasi Bapak Khaerudin SH.

Adapun Data Pemilih Masuk pada bulan Desember 2020 untuk Kecamatan Tegal Selatan berjumlah Laki- Laki 29 Orang, Perempuan 27 Orang dengan total jumlah L+P= 56 Orang, Untuk Kecamatan Margadana jumlah Laki-laki 16 Orang dan Perempuan 15 Orang dengan total jumlah L+P=31 Orang, sementara untuk Kecamatan Tegal Barat Jumlah Laki- laki 31 orang dan perempuan 10 orang dengan jumlah total L+P= 41 orang, dan untuk Kecamatan Tegal Timur Jumlah Pemilih Data Masuk untuk laki -laki 26 orang, jumlah perempuan 16 orang dengan jumlah total L+P= 42 orang.

Sementara itu untuk Pemilih Pemula pada bulan Desember 2020 untuk Kecamatan Tegal Selatan berjumlah 87 orang dengan rician jumlah pemilih pemula laki-laki 42 orang dan pemilih pemula perempuan 45 orang. Untuk Kecamatan Margadana jumlah pemilih pemula ada 85 orang dengan rincian 60 orang pemilih pemula laki-laki dan jumlah pemilih pemula perempuan 25 orang. Kecamatan Tegal Barat jumlah pemilih pemula 92 orang dengan rincian 44 orang pemilih pemula laki-laki dan 48 orang pemilih pemula perempuan, dan Kecamatan Tegal Timur berjumlah total pemilih pemula 131 dengan rincian 66 pemilih pemula laki-laki dan 65 pemilih pemula perempuan.

Untuk Pemilih Purnawirawan TNI/ POLRI berjumlah 23 orang dengan rincian 6 orang laki-laki dari TNI/ POLRI Kecamatan Tegal Selatan, 2 orang dari Laki- laki dari TNI/POLRI Kecamatan Margadana dan 6 orang pemilih laki-laki dari TNI/POLRI Kecamatan Tegal Barat dan 9 orang Laki-laki dari TNI/POLRI Kecamatan Tegal Selatan.

Data pemilih yang meninggal berjumlah total 271 orang. Untuk pemilih yang pindah keluar berjumlah 185 Orang. Dan untuk pemilih yang ubah data seperti pindah antar kecamatan dan antar kelurahan yang masih dalam kota Tegal berjumlah 220 orang. Adapun data ini akan terus berubah mengingat mobilisasi penduduk yang akan terus berkembang seiring makin tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam politik dan kenegaraan. KPU memfasilitasi dengan melakukan pemutakhiran data pemilih secara rutin tiap bulannya.

Perlu juga pastikan nama anda terdaftar dalam Daftar Pemilih di wilayah anda dengan mengeceknya secara langsung melalui http://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/ . (hny/12/01/20)

widiya

Subbag Teknis Pemilu dan Hupmas