TINGKATKAN KUALITAS PENGELOLAAN KEUANGAN, KPU KENALKAN SIMONIKA

Tegal – Untuk meningkatkan kinerja dalam pengelolaan informasi keuangan, KPU RI telah mengembangkan suatu sisten aplikasi keuangan yang disebut SiMonika  ( Sistem Informasi Monitoring Keuangan ). Kehadiran SiMonika ini akan sangat membantu penyelenggaraan pengelolaan keuangan KPU secara Profesional, Terbuka dan Bertanggung jawab.

Hal ini disampaikan oleh Ketua rombongan dari Biro Keuangan KPU RI Fajar Baskaradi, SE, M.Si saat mengunjungi KPU Kota Tegal kemarin (Rabu 3/2). Dia juga menambahkan, nantinya setiap Satker KPU harus mengunakan Aplikasi  ini. jika Aplikasi ini sudah digunakan dengan baik, setiap Satker KPU tidak perlu melakukan pelaporan LPPA (Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran) secara manual, sebab dengan Si Monika ini, laporan keuangan suatu Satker dapat dilihat oleh Satker diatasnya. Dengan kata lainKPU RI dapat melihat kondisi/laporan keuangan dari KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota.

Tujuan dikembangkannya Simonika adalah untuk membangun basis data keuangan yang akuntabel, sehingga dapat memberikan informasi yang diperlukan dalam pengambilan kebijakan pengelolaan keuangan maupun kebijakan suatu program/kegiatan. Hal ini tidak lepas dari upaya KPU dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain pengenalan Simonika, rombongan dari Biro Keuangan KPU RI juga melakukan evaluasi atas pelaksanaan anggaran tahun 2015, serta monitoring pelaksanaan anggaran tahun 2016. Dalam kesempatan itu hadir pula rombongan dari KPU Kabupaten Tegal yaitu Sekretaris, Kasubag Keuangan Umum dan Logistik, Bendahara, dan Pembantu Bendahara. Mereka sengaja diundang agar ikut juga dalam pengarahan dan pengenalan Aplikasi Simonika. (Wdy/Teknis)

widiya

Subbag Teknis Pemilu dan Hupmas