KEBERAGAMAN ITU INDAH

Tegal (30/9) Komisi Pemilihan Umum Kota Tegal, melalui Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat melakukan pendampingan dan asistensi ke sekolah sekolah yang melaksanakan Pemilihan Ketua Osis (Pilketos). Pendampingan dan asistensi dilakukan agar pelaksanaan pilketos berjalan sesuai azas pemilihan, yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Asistensi dilaksanakan di dua sekolah, yakni Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kota Tegal yang pada saat yang bersamaan sedang melaksanakan pilkestos. Di SMK I ada lima calon Ketua OSIS (semuanya wanita), sedang SMK 3 ada 4 kandidat calon (semuanya pria) yang ikut berkontestasi.

Di hadapan para siswa, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Tegal, Thomas Budiono mengingatkan bahwa pilketos yang dilaksanakan ini merupakan bentuk pelaksanakaan dan penerapan nilai nilai demokrasi.”Karena itu, pilketos ini harus tetap menganut azas luber dan jurdil, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil”,tegasnya.

Terkait penyampaian visi misi dalam pilketos tersebut, Thomas Budiono mengingatkan bahwa isi kampanye para kandidat ketua OSIS adalah soal visi, misi dan program.”Yang ditawarkan oleh para calon adalah program kerja. Kita tidak bolah saling mengejek. Tidak bolah saling menghina satu dengan lainnya. Perbedaan adalah anugerah, sedang keberagaman adalah hal indah”, tambanya.

Pendampingan dan asistensi ini dilanjutkan di lokasi pemungutan suara. Divisi Perencana dan Data KPU Kota Tegal, Arisandi Kurniawan didampingi Kasubag Teknis, Widiya Hastantri meninjau ke lokasi pemungutan suara. Meski tidak seratus persen sama dengan pemungutan suara yang dilakukan KPU, pilketos sudah memenuhi kebutuhan dan standar minimal untuk bisa melaksanakan pemilihan dengan baik.
Misalnya, para kandidat sudah melaksanakan kampanye dengan memuat visi, misi dan program kerja yang ditempel di papan pengumuman dan dinding sekolah. Mereka juga berkampanye dan orasi langsung di hadapan pemilih untuk menyampaikan rencananya jika terpilih sebagai Ketua OSIS. “Saya tidak ada mengumbar janji, saya hanya akan menjadikan agar kita menjadi siswa yang lebih baik”, teriak salah seorang calon di hadapan pendukungnya.

Sementara itu Kepala SMK 3, Drs Bejo MPd dan Kepala Sekolah SMK 1, Mas Rudianto, SPd menyambut gembira atas pendampingan yang dilakukan KPU.”Selain didampingi, kami mengucapkan terima kasih kepada KPU yang telah membantu pelaksanaan pilketos ini dengan menyediakan bilik suara dan kotak suara yang dibutuhkan”, kata kedua Kepala Sekolah ini. (Teknis/hupmas)

widiya

Subbag Teknis Pemilu dan Hupmas