PACU TERBENTUKNYA KOMUNITAS PEDULI PEMILU, FISIP DAN KPU ADAKAN KESEPAKATAN

Tegal – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Tegal dan Komisi Pemilihan Umum Kota Tegal bersepakat untuk melakukan kerjasama dalam bidang Pendidikan Pemilih dan Praktek Kerja Lapangan pada hari Kamis (26/5) di Aula kantor KPU Kota Tegal, Jl Sumbodro No 20 Tegal pada acara “Fasilitasi Pendidikan Pemilih dan Penandatangan Kesepakatan Kerjasama FISIP UPS Tegal dan KPU Kota Tegal.

Dalam kesempatan tersebut Thomas Budiono, Anggota Komisi Pemilihan Umum Kota Tegal Divisi Sosialisasi menyampaikan bahwa pembangunan demokrasi merupakan sarana yang vital untuk menghasilkan parlemen dan pemerintahyang berkualitas. Pemilu sebagai instrumen dalam pembangunan demokrasi membutuhkan keterlibatan dan partisipasi masyarakat luas dan berkualitas.

Menurutnya, penegakan pilar demokrasi tidak mungkin dapat diwujudkan jika hanya diserahkan kepada penyelenggara pemilu, sebab penyelenggara pemilu memiliki keterbatasan dalam kegiatan dan sumber daya manusia. Lebih lanjut ia menambahkan munculnya komunitas pemilu dan demokrasi menjadi harapan penyelenggara pemilu untuk memacu peningkatan dan pemerataan pembangunan demokrasi.

Hal tersebut disampaikan kepada para peserta kegiatan yang merupakan mahasiswa FISIP UPS. Sebelumnya para mahasiswa diperkenalkan dengan PoCI Pemilu dan diajak melihat langsung fasilitas yang ada dalam PoCI Pemilu Kota Tegal.

KPU Kota Tegal berharap, dengan adanya kegiatan dan kesepakatan ini dapat menginspirasi dan memotivasi para mahasiswa untuk membentuk komunitas-komunitas peduli pemilu. Semakin banyak komunitas dan simpul gerakan yang terlibat dalam agenda pendemokrasian, kemapanan pembangunan demokrasi akan semakin cepat.

widiya

Subbag Teknis Pemilu dan Hupmas