Walikota dan KPU Tandatangani NPHD untuk Pilwalkot 2018

Tegal – Kemarin (9/8), Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tegal akhirnya ditandatangani. Penandatanganan dilakukan antara Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal Agus Wijonarko, SH.

Sebelumnya KPU Kota Tegal telah mengajukan proposal anggaran Pilwalkot Tegal Tahun 2018 sebesar Rp. 18,904 Milyar. Proposal tersebut diajukan pada bulan Mei 2016. Setelah dilakukan sinkronisasi dengan anggaran Pemilihan Gubernur Jawa Tengah, yang waktu pelaksanaannya bersamaan dengan Pilwalkot, proposal anggaran tersebut direvisi menjadi Rp. 13,246 Milyar.

Pembahasan mengenai anggaran Pilwalkot telah beberapa kali dilakukan dalam Rapat Koordinasi antara KPU, Pemkot, dan DPRD Kota Tegal. Namun belum juga ada kepastian anggaran yang akan disetujui. Baru pada pertemuan terakhir, yaitu  pada hari Senin (7/8) Pemkot Tegal menyampaikan anggaran yang disetujui sebesar Rp. 6,392 Milyar.

Anggaran tersebut berasal dari APBD Kota Tegal Tahun 2017 sebesar Rp. 5 Milyar, dan sisanya dari APBD Kota Tegal Tahun 2018.

Sesuai peraturan, setelah NPHD ditandatangani, KPU Kota Tegal harus melakukan administrasi berupa registrasi anggaran hibah dan revisi DIPA pada Kementerian Keuangan melaui Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah di Semarang. (teknishupmas)

widiya

Subbag Teknis Pemilu dan Hupmas